Rusdi Kirana Bergabung Dengan PKB

Bergabungnya bos maskapai penerbangan Lion Air, Rusdi Kirana ke PKB, dinilai sebagai bukti partai rintisan Gus Dur adalah partai Islam terbuka.

"Kalau saya melihatnya ini positif. Masuknya bos Lion Air (Rusdi) ini, langkah PKB menjadi partai Islam terbuka itu sudah cukup jelas," kata pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Saiful Umam, Kamis (16/1).

Pernyataan Rusdi kirana menerima pinangan Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar dengan alasan hutang budi kepada Gus Dur dan NU, dinilainya sebagai perspektif pribadi lainnya.

Tapi, secara hakikatnya idealisme PKB menerima segala kondisi para kader maupun simpatisannya. Peran Rusdi pun dinilai akan membawa harapan baru bagi PKB. Kesuksesan Rusdi mengelola manajemen perusahaan akan berdampak positif bagi manajemen keuangan PKB.

"Dengan masuknya Pak Rusdi ini memperkenalkan manajemen perusahaan kedalam partai itu akan lebih baik. Paling tidak ada simbol-simbol baik ke depan, kalau secara otomatis pasti baik," ujar Saiful menjelaskan.

Rusdi Kirana sebelumnya pernah diundang dalam konvensi Capres Partai Demokrat. Namun, Rusdi menolak ajakan partai pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini. Rusdi lebih memilih bergabung bersama PKB. Kini, Rusdi resmi menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP PKB. 

"Masuk akal juga mengundurkan diri dari konvensi Partai Demokrat, karena dari segi kepartaiannya sedang turun. Keputusan Pak Rusdi itu sudah tepat, kalau melihat elektabilitas PKB yang kian menanjak," cetus Saiful.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Jafar membantah partainya akan memanfaatkan materi pengusaha Rusdi Kirana untuk modal kampanye 2014. Menurutnya Rusdi bergabung ke PKB karena persamaan visi dan misi.. "Kita bicara visi dan misi kebangsaan dan keindonesiaan," kata Marwan ketika dihubungi Republika, Ahad (12/1).

Marwan menyatakan Rusdi resmi bergabung di PKB mulai hari ini. Meskipun baru bergabung, Rusdi langsung mendapat kehormatan menduduki jabatan Wakil Ketua Umum PKB. "Posisinya waketum," ujarnya.

Sebenarnya Rusdi sudah lama bersimpati kepada PKB. Namun baru hari ini kecocokan antara Rusdi dan PKB bertemu. "Ya chemistry nya ketemu, misi dan visinya juga sama dengan PKB," katanya.

Bagi PKB Rusdi merupakan sosok pengusaha sukses yang baik. Dia berharap kehadiran Rusdi bisa turut membesarkan PKB. "Dia harus ikut membesarkan PKB bersama-sam," ujarnya.