Hubungan Rusdi Kirana Dengan PKB

CEO Lion Air Rusdi Kirana ditetapkan menjadi Wakil Ketua Umum Partai Keadilan Bangsa (PKB) dalam rapat pleno dewan pimpinan pusat partai tersebut pada Minggu.

"Rapat pleno DPP PKB memutuskan Bapak Rusdi Kirana menjadi wakil ketua umum. Hal ini menandai era baru bergabungnya seorang pengusaha ke PKB," kata Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar seusai memimpin rapat pleno di kantor DPP PKB, Jakarta, Minggu.

Muhaimin mengatakan Rusdi bersedia bergabung ke PKB karena ingin terus melayani perjuangan NU dan Gus Dur bersama PKB. Menurut dia, Rusdi merupakan salah satu pencinta dan pengagum tokoh NU tersebut.

Dia berharap dengan bergabungnya Rusdi, perjuangan NU, PKB dan masyarakat bisa semakin membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia.

"Tugas pertama wakil ketua umum nantinya akan banyak mewakili saya dalam banyak hal. Sebagai ketua umum, saya juga menjadi menteri dan calon anggota legislatif, sehingga nanti akan banyak disibukkan dengan banyak hal menjelang Pemilu 2014," tuturnya.

Sementara itu, Rusdi Kirana mengatakan dia merupakan salah satu pengusaha hasil tempaan era reformasi yang merasa sangat berutang budi dengan figur Gus Dur.

"Reformasi menciptakan keterbukaan berusaha. Figur Gus Dur juga membuat saya sebagai anak keturunan China diakui dan merasa sederajat dengan warga Indonesia yang lain," tuturnya.

Karena itu, Rusdi mengatakan Gus Dur dan NU memiliki arti khusus bagi dirinya. Dia yang awalnya tidak terpikir terjun ke politik, akhirnya memutuskan terjun ke politik.

"Pengusaha juga perlu berpikir untuk memajukan bangsa. Sedangkan politik, partai politik bersama rakyat, adalah salah satu caranya," ucapnya

Pengamat politik dari Soegeng Sarjadi Syndicate, Ridho Imawan Hanafi menilai, ada simbiosis mutualisme antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Rusdi Kirana.

Direktur Utama Lion Air Grup itu ditetapkan menjadi Wakil Ketua Umum PKB. "Tanpa keuntungan yang didapat oleh keduanya, tak mungkin Rusdi langsung mendapat posisi Waketum dan PKB memberinya posisi itu," kata Ridho di Jakarta, Selasa (14/1).

Ridho menilai, Rusdi ingin mencari kendaraan politik yang dinilai pas untuk artikulasi politiknya. Ia berkata, PKB dinilai Rusdi partai terbuka yang bisa menampung dari berbagai kalangan dan mungkin dilihat masih 'mewarisi' perjuangan politik Abdurahman Wahid (Gus Dur).

"Rusdi bisa leluasa berperan lebih jauh melalui PKB yang memberinya jabatan Waketum. Hal yang tidak mudah dia dapatkan apabila dirinya bergabung di partai lain," ujarnya.

Selain itu, masuknya Rusdi menjadi keuntungan tersendiri bagi PKB. Sebab, sebagai pengusaha, Rusdi tentu memiliki modal finansial yang tidak sedikit dan partai bisa mengaksesnya jika membutuhkan.

Ia berkata, PKB seperti parpol yang lain pasti membutuhkan modal menjelang Pemilu 2014 dan sejauh ini partai itu belum kuat dari sisi finansial. "Karena itu, Rusdi diharapkan bisa menutupi kekurangan tersebut," katanya.

PKB memetik keuntungan persepsi di hadapan publik sebagai partai terbuka dengan masuknya Rusdi dalam jajaran elit.Dirut Lion Air Grup Rusdi Kirana resmi ditetapkan sebagai Waketum PKB setelah digelar rapat pleno, Ahad (12/1). Keputusan itu dengan mempertimbangkan perkembangan sosial, politik, budaya dan anggaran dasar rumah tangga. Selain itu,pengangkatan itu hasil konsultasi dengan pengurus dan dewan syuro partai.